Sabtu, 22 Oktober 2016

Macam-macam Permainan Pramuka


KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT karena atas  berkat dan karunia-Nya jualah sehingga kami dapat menyelesaikan makalah ini sesuai dengan yang diharapkan. Dalam makalah ini kami membahas tentang “JENIS – JENIS PERMAINAN PRAMUKA DAN MANFAATNYA”.
Makalah ini tidak akan mendekati sempurna tanpa bantuan dari berbagai pihak baik secara langsung maupun tidak langsung. Sehubungan dengan itu kami mengucapkan terima kasih kepada:
v  Jedi Hernady, M. Pd selaku dosen mata kuliah KEPRAMUKAAN yang telah memberikan ilmu dan bimbingan sebelum pembuatan makalah ini.
Kami menyadari banyak sekali kekurangan dalam penyusunan makalah ini. Oleh sebab itu, arahan, saran, serta kritik yang membangun dari berbagai pihak sangat kami harapkan untuk kesempurnaan makalah ini. Kami berharap agar makalah ini dapat bermanfaat untuk kita semua, Amin.


Banjarbaru, Maret  2015


        Tim   Penyusun



DAFTAR ISI




KATA PENGANTAR...................................................................... ...............        i
DAFTAR ISI..................................................................................... ...............        ii


BAB I    PENDAHULUAN............................................................. ...............        1
               A.  Latar Belakang Masalah................................................ ..……….        1
               B.  Rumusan Masalah.......................................................... ...............        1
               C.  Tujuan Penulisan Makalah............................................. …...........        1
               
BAB II   PEMBAHASAN…………............................................... …………       2
               B.  Jenis – Jenis Permainan Dalam Pramuka dan Manfaatnya  ...............    2

BAB III  PENUTUP ...............................................................................     ...…     9
               A.  Kesimpulan ................................................................... ..……….        9
               B.  Saran ............................................................................. ..……….        9

DAFTAR PUSTAKA ..................................................................... ………           10









BAB I
PENDAHULUAN

A.                Latar Belakang Masalah
Sebagian orang berpendapat permainan pramuka sangat membosankan, namun sebenarnya permainan pramuka bisa menjadi sebuah permainan edukasi. Permainan pramuka sangat banyak jenis dan manfaatnya. Permainan pramuka juga bisa dimainkan didalam dan diluar ruangan. Manfaat yang di dapatkan dengan mengikuti pramuka juga tidak kalah pentingnya, sebab pramuka mencapai aspek yang cukup lengkap mulai dari pendidikan formal sekolah hingga pendidikan nonformal luar sekolah yang sangat tidak terbatas dari segi manfaat. Setiap Pramuka mengenal lebih banyak, mendapat lebih banyak ilmu teoritis dan empiris yang sangat penting sebagai salah satu pusat perubahan dan stok kepemimpinan di masa depan. 
Permainan Pramuka adalah kegiatan yang bertujuan untuk menyegarkan pikiran para anggota pramuka yang dilakukan oleh secara kelompok. Anggota pramuka dapat dibagi menurut jumlahnya dan diberi nama yang berbeda. Setelah dibagi, nanti dicari juaranya melalui permainan pramuka tersebut.

B.                  Rumusan Masalah
Agar pembahasan dalam makalah ini mengarah pada pembahasan  jenis – jenis permainan pramuka , ada baiknya penyusun merumuskan masalah-masalah yang akan dibahas, antara lain:
a.       Jenis – Jenis Permainan Dalam Pramuka dan Manfaatnya.

C.                Tujuan Penulisan
Tujuan penyusun menulis makalah ini antara lain :
a.       Untuk melengkapi tugas makalah Kepramukaan.
b.      Mahasiswa memahami dan mengerti tentang  jenis – jenis permainan dalam pramuka dan manfaat dari permainan tersebut.


BAB II
PEMBAHASAN


A.   Jenis- Jenis Permaian Dalam Pramuka Dan Manfaatnya.

1.      TOPI RIMBA.
            Semua peserta dibagi menjadi dua kelompok, dengan jumlah yang sama, semisal kita ambil contoh jika masing-masing kelompok terdiri dari 10 peserta. Kemudian kedua kelompok tersebut berdiri berhadap-hadapan dengan kelompok lainnya, satu orang berhadapan dengan satu orang pada kelompok lainnya, dengan jarak 10 meter. Buatlah garis ditengah yang memisahkan kedua kelompok tersebut. Kemudian gantilah nama peserta dengan sistim penomoran bilangan secara urut, dalam hal ini 1 sd 10. Posisikan agar kedua kelompok berdiri berhadapan dengan kelompok lain. Dua peserta yang berhadapan memiliki nomor yang sama. Letakan 10 topi rimba pada garis yang memisahkan kelompok tersebut, sebelumnya topi rimba telah ditandai dengan penomoran 1 sd 10. Masing-masing dua peserta yang berhadapan dan memiliki nomor yang sama, akan berebut 1 topi rimba yang sesuai dengan nomornya. Jika pemandu memberikan aba-aba dengan meneriakan salah satu nomor,misalnya nomor 5. Maka peserta nomor 5 harus segera berebut topi rimba nomor 5, begitu seterusnya sampai semua topi berhasil diperebutkan. Pemenangnya adalah kelompok yang paling banyak merebut topi rimba. Perlengkapan yang disiapkan : · 10 topi rimba untuk diperebutkan, atau anda dapat mengganti dengan benda yang lain. · Kertas untuk dengan tulisan nomo1 sd 10, untuk nomor dada.
 Tujuan dari permainan ini adalah :
·         Membuat perlombaan antar kelompok.
·         Masing – masing peserta harus berkonsentrasi terhadap aba-aba pemandu.
·         Ketangkasan peserta dalam berlomba.


2.      TALI KUSUT.
            Merupakan jenis permainan kelompok yang terdiri dari 6 orang atau lebih, instruktur menyiapkan tali rafia sepanjang 1 meter, dengan jumlah sama dengan pemain saat itu. Kemudian ujung-ujung tali dipertemukan jadi satu dalam pegangan tangan instruktur. Dimulai dengan aba-aba, setiap pemain diwajibkan menarik 1 ujung tali di tangan kanan dan 1 ujung tali di tangan kiri. Penarikan ujung tali dilakukan serentak. Setelah kita perhatikan, kemungkinan besar pemain tidak dapat menarik ujung tali yang sama, namun menarik ujung tali yang ditarik oleh para pemain lainnya. Dan terbentuklah formasi hubungan tali yang kusut. Tantangannya, satu kelompok tersebut harus merapikan hubungan tali kusut tadi menjadi sebuah formasi lingkaran yang rapi, tentunya dengan dihitung waktu penyelesaiannya.
Peralatan yang disiapkan :
·         tali raffia

3.      PINDAH KALUNG TALI.
            Merupakan jenis permainan kompetisi antar kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 5 sampai 10 orang peserta. Cara bermain adalah, masing-masing kelompok membuat satu garis barisan dengan berdiri. Kemudian berusaha memindah kalung tali dari peserta paling kanan ke kiri barisan. Dalam memindahkan kalung tali tidak boleh menggunakan tangan. Pemenangnya adalah kelompok yang tercepat memindah kalung tali tersebut.
Perlengkapan yang disiapkan :
·         Tali tampar untuk kalung sesuai jumlah kelompok.
Tujuan dari permainan ini adalah :
·         Membangun kerjasama tim.
·         Menguji ketangkasan setiap peserta dalam permainan ini.
.
4.      BERLINDUNG DALAM LINGKARAN.
Buatlah sebuah garis lingkaran pada tanah tempat bermain, perkirakan semua peserta dapat berdiri di dalam lingkaran itu. Aturlah agar peserta yang sedang berada dalam lingkaran dapat dijangkau oleh tangan salah satu peserta yang berada diluar garis lingkaran. Permainannya adalah satu peserta yang berada di luar lingkaran berusaha memegang peserta yang ada di dalam lingkaran, namun peserta yang berada dalam lingkaran berusaha menghindar dan tidak boleh keluar dari garis lingkaran. Begitu juga peserta yang berada di luar lingkaran tidak boleh masuk ke dalam lingkaran. Jika ada peserta yang berada di dalam lingkaran terpegang tangan oleh peserta di luar lingkaran, maka peserta tersebut harus mengganti posisi sebagai peserta yang berada diluar lingkaran. Perlengkapan yang disiapkan adalah : Tali rafia dan pasak untuk membuat marka lingkaran pada tanah.
Tujuan dari permainan ini
·         Merupakan permainan yang dapat diikuti oleh semua peserta dan hanya permainan ketangkasan untuk menghindar pegangan peserta yang ada di luar lingkaran.

5.      TITANIC
Semua anggota tim diminta untuk berdiri di atas kain, seakan akan mereka berada dia atas sebuah kapal yang akan tenggelam. Tidak ada bagian dari kaki berdiri diluar kain. Setelah mereka berhasil berdiri, maka instruktur outbound menghitung satu sampai lima hitungan. Apabila berhasil, kain dilipat menjadi lebih kecil. Kemudian dilakukan kembali proses seperti semula. Kelompok yang mampu berdiri di atas kain yang terkecil adalah pemenangnya. Teaching point :
·         Membangun kebersamaan.
·         Menunjukkan untuk kesuksesan tim, diperlukan pengorbanan
·         Perlunya anggota tim untuk menyatu dengan kelompok.
·         Pengaturan strategi dalam pemecahan masalah.
·         Berfikir kreatif.

6.      MENCARI HARTA KARUN.
            Game ini termasuk dalam kategori Middle Game.
Peralatan yang dibutuhkan :
·         Bambu ukuran 1,8 m, 4 buah.
·         Tali atau webbing.
·         buah jeruk, buah salak, buah lainnya.
·         penutup mata/slayer.
Cara permainan :
·         Buah diikat pada seutas tali kemudian digantung pada ketinggian sekitar 3meter.
·         Peserta outbound dibagi dalam beberapa kelompok.
·         Masing-masing kelompok diberikan 4 buah bambu dan 2 buah tali.
·         Seluruh anggota kelompok diminta untuk membuat tandu dengan kreasinya sendiri-sendiri. Setelah tandu selesai, instruktur menyuruh peserta outbound berkumpul dan menjelaskan bahwa tandu yang mereka buat belum tentu mereka yang memakainya.
·         Kemudian instruktur outbound mengundi tandu untuk menentukan siapa memakai tandu siapa. Setelah masing-masing kelompok mendapatkan tandu, seluruh anggota kelompok memakai penutup mata/slayer, kecuali ketua kelompoknya.
·         Kemudian ketua kelompok naik ke atas tandu dan diangkat oleh seluruh anggota kelompok yang memakai penutup mata.
·         Ketua kelompok memerintahkan anak buahnya untuk menuju lokasi harta karun (buah) yang sudah ditentukan oleh instruktur outbound. Kelompok yang berhasil mendapatkan buah(harta karun) paling dulu adalah pemenangnya.
Teaching point :
·         Melatih kekompakan group.
·         Mengetahui kekurangan dan kelebihan teman kita.
·         Cepat bertindak dan mengambil keputusan.
·         Mengetahui strategi yang baik dalam suatu permasalahan.
·         Berfikir kreatif dan inovatif.
·         Siap memimpin dan siap dipimpin.
·         Mengetahui bahwa kita mempunyai keterbatasan.

7.      KERETA TERPANJANG.
 Tujuan permainan/games :
·         Kerjasama antar anggota dan team.
·         Mengatur strategi dan kreativitas.
·         Menempatkan diri sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.
Aturan permainan/games outbound :
·         Peserta tiap-tiap kelompok outbound terdiri dari 8-10 orang.
·         Seluruh peserta sebaiknya menggunakan celana panjang.
·         Gunakan lokasi/tempat yang tidak becek.
·         Dilakukan serentak dan terdiri dari beberapa regu.
·         Tiap regu memiliki jumlah yang sama.
·         Tiap regu berusaha keras membuat timnya menjadi regu dengan deretan paling panjang
·         Peserta boleh menggunakan apa saja yang saat itu dibawa sebagai penyambung (dompet, kartu, tali sepatu, ikat pinggang, badan, dll)
·         Tidak diperkenankan melepas baju.
·         Regu pemenang adalah yang membuat deretan yang terpanjang.

8.      PIRING KESEIMBANGAN.
Tujuan permainan ini adalah :
·         Melatih kecermatan dalam menggunakan strategi.
·         Melatih kesabaran.
·         Kerjasama kelompok.
Alat yang harus disiapkan :
·         Piring Balon (ditiup sebelum permainan dimulai).
Cara permainan/games :
·         Permainan ini dilakukan secara kelompok.
·         Peserta melakukan permainan ini secara estafet.
·         Jadi anggota kelompok harus berjajar dengan jarak 10-15 m.
·         Peserta pertama membawa balon dari garis start menuju ke peserta kedua.
·         kemudian peserta kedua ke peserta ketiga.
·         Begitu seterusnya sampai finish.
 Aturan :
·         Bola harus selalu berada di dalam piring selama peserta berjalan.
·         Kelompok yang menang adalah kelompok yang sampai ke garis finish.

9.      METEOR GARDEN.
Tujuan permainan :
·         Meningkatkan kekompakan kelompok.
·         Kecermatan.
·         Kecepatan.
·         Bertindak cepat Bisa mengatur strategi.
Alat yang digunakan :
·         Bola plastik sebanyak mungkin dengan berbagai ukuranTali/ rafiah untuk daerah pembatas bagi peserta.
·         Dua kantong plastik besar untuk tempat bola Penghalang (kain).
Cara permainan :
·         Permainan meteor garden dimainkan secara kelompok.
·         Jumlah anggota kelompok antara 10-15 orang.
·         Instruktur dan fasilitator melemparkan bola dari balik penghalang, dan peserta harus dapat menangkap bola, tetapi harus tetap berada di garis pembatas yang berbentuk persegi.
·         Lemparan bola dilakukan dengan cepat dan tidak beraturan, agar peserta kesulitan menangkapnya Setelah bola ditangkap, langsung dimasukkan kedalam kantong plastik yang telah disediakan.
Aturan :
·         Peserta tidak boleh keluar dari garis pembatas selama menangkap bola.
·         Bola yang tidak tertangkap tidak boleh diambil peserta.
·         Kelompok yang paling banyak menangkap bola adalah pemenangnya.

10.  MENGURAI BENANG KUSUT.
Tujuan permainan :
·         Melatih kerjasama team.
·         Meningkatkan kekompakan team.
·         Mengatur strategi dalam menghadapi masalah.
 Alat yang dibutuhkan :
·         Tidak ada.
Cara permainan :
·         Permainan dilakukan berkelompok dengan jumlah anggota kelompok 6-10 orang.
·         Instruktur memerintahkan masing-masing kelompok untuk untuk membentuk lingkaran.
·         Kemudian semua peserta harus bergandengan tangan dengan cara : tangan kanan kepada teman si A, tangan kiri kepada teman si B. Jadi kedua tangan tidak boleh berpegangan kepada orang yang sama.
·         Tugas kelompok adalah harus mengurai tangan yang asalnya tak beraturan (kusut) menjadi terurai, tanpa melepas tangan.Team yang tangannya terlepas dinyatakan gagal (diskualifikasi).
·         Tim yang mampu mengurai paling cepat adalah pemenangnya.

11.   MENARA MANUSIA.
Tujuan permainan adalah :
·         Melatih kerjasama tim.
·         Melatih kekompakan tim.
·         Mengetahui kekurangan dan kelebihan teman.
·         Menumbuhkan sikap rela berkorban demi kesuksesan bersama.
·         Mengembangkan strategi untuk tercapainya tujuan.
Cara permainan :
·         Peserta dibagi dalam beberapa kelompok.
·         Tugas kelompok adalah membuat menara manusia setinggi-tingginya.
·         Peserta dibebaskan membuat strategi apapun untuk membuat menara tersebut.
·         Peserta tidak diperkenankan menggunakan alat bantu apapun.
·         Waktu permainan dibatasi 10-20 menit.
·         Kelompok dengan menara tertinggi adalah pemenangnya.





BAB III
                                              PENUTUP     


A.    Kesimpulan
Permainan Pramuka adalah kegiatan yang bertujuan untuk menyegarkan pikiran para anggota pramuka yang dilakukan oleh secara kelompok. Anggota pramuka dapat dibagi menurut jumlahnya dan diberi nama yang berbeda. Setelah dibagi, nanti dicari juaranya melalui permainan pramuka tersebut.

B.     Saran
Dari hasil makalah kami yang singkat ini mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi kita semua umumnya kami pribadi. Dan segala yang baik datangnya dari Allah, dan yang buruk datangnya dari diri saya. Penyusun sadar bahwa makalah kami ini jauh dari kata sempurna, masih banyak kesalahan dari berbagai sisi, jadi kami harapkan saran dan kritik nya yang bersifat membangun.















DAFTAR PUSTAKA



-          mhttp://www.pramukaindonesia.com/2015/01/manfaat-mengikuti-kegiatan-kepramukaan.html



Tidak ada komentar:

Posting Komentar