KATA PENGANTAR
Puji dan syukur
kami panjatkan kehadirat Allah SWT karena atas
berkat dan karunia-Nya jualah sehingga kami dapat menyelesaikan makalah
ini sesuai dengan yang diharapkan. Dalam makalah ini kami membahas tentang “JENIS – JENIS PERMAINAN PRAMUKA DAN
MANFAATNYA”.
Makalah ini tidak
akan mendekati sempurna tanpa bantuan dari berbagai pihak baik secara langsung
maupun tidak langsung. Sehubungan dengan itu kami mengucapkan terima kasih
kepada:
v Jedi Hernady, M. Pd
selaku dosen mata kuliah KEPRAMUKAAN yang telah memberikan ilmu dan bimbingan
sebelum pembuatan makalah ini.
Kami menyadari
banyak sekali kekurangan dalam penyusunan makalah ini. Oleh sebab itu, arahan,
saran, serta kritik yang membangun dari berbagai pihak sangat kami harapkan
untuk kesempurnaan makalah ini. Kami berharap agar makalah ini dapat bermanfaat
untuk kita semua, Amin.
Banjarbaru, Maret
2015
Tim Penyusun
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR...................................................................... ............... i
DAFTAR ISI..................................................................................... ............... ii
BAB I
PENDAHULUAN............................................................. ............... 1
A. Latar Belakang Masalah................................................ ..………. 1
B. Rumusan Masalah.......................................................... ............... 1
C. Tujuan Penulisan Makalah............................................. …........... 1
BAB II
PEMBAHASAN…………............................................... ………… 2
B. Jenis – Jenis
Permainan Dalam Pramuka dan Manfaatnya ............... 2
BAB III
PENUTUP ............................................................................... ...… 9
A. Kesimpulan ................................................................... ..………. 9
B. Saran ............................................................................. ..………. 9
DAFTAR PUSTAKA ..................................................................... ……… 10
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
Sebagian orang
berpendapat permainan pramuka sangat membosankan, namun sebenarnya permainan
pramuka bisa menjadi sebuah permainan edukasi. Permainan pramuka sangat banyak
jenis dan manfaatnya. Permainan pramuka juga bisa dimainkan didalam dan diluar
ruangan. Manfaat yang di dapatkan dengan
mengikuti pramuka juga tidak kalah pentingnya, sebab pramuka mencapai aspek
yang cukup lengkap mulai dari pendidikan formal sekolah hingga pendidikan
nonformal luar sekolah yang sangat tidak terbatas dari segi manfaat. Setiap
Pramuka mengenal lebih banyak, mendapat lebih banyak ilmu teoritis dan empiris
yang sangat penting sebagai salah satu pusat perubahan dan stok kepemimpinan di
masa depan.
Permainan Pramuka adalah kegiatan yang bertujuan untuk menyegarkan pikiran
para anggota pramuka yang dilakukan oleh secara kelompok. Anggota pramuka dapat
dibagi menurut jumlahnya dan diberi nama yang berbeda. Setelah dibagi, nanti
dicari juaranya melalui permainan pramuka tersebut.
B.
Rumusan Masalah
Agar pembahasan dalam makalah ini mengarah pada pembahasan
jenis – jenis permainan pramuka , ada baiknya penyusun merumuskan masalah-masalah yang akan dibahas, antara
lain:
a. Jenis – Jenis Permainan Dalam
Pramuka dan Manfaatnya.
C.
Tujuan Penulisan
Tujuan penyusun menulis makalah ini antara lain :
a. Untuk melengkapi tugas makalah Kepramukaan.
b. Mahasiswa memahami dan mengerti tentang jenis – jenis permainan dalam pramuka dan
manfaat dari permainan tersebut.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Jenis- Jenis Permaian Dalam Pramuka Dan
Manfaatnya.
1.
TOPI RIMBA.
Semua
peserta dibagi menjadi dua kelompok, dengan jumlah yang sama, semisal kita
ambil contoh jika masing-masing kelompok terdiri dari 10 peserta. Kemudian
kedua kelompok tersebut berdiri berhadap-hadapan dengan kelompok lainnya, satu
orang berhadapan dengan satu orang pada kelompok lainnya, dengan jarak 10
meter. Buatlah garis ditengah yang memisahkan kedua kelompok tersebut. Kemudian
gantilah nama peserta dengan sistim penomoran bilangan secara urut, dalam hal
ini 1 sd 10. Posisikan agar kedua kelompok berdiri berhadapan dengan kelompok
lain. Dua peserta yang berhadapan memiliki nomor yang sama. Letakan 10 topi
rimba pada garis yang memisahkan kelompok tersebut, sebelumnya topi rimba telah
ditandai dengan penomoran 1 sd 10. Masing-masing dua peserta yang berhadapan
dan memiliki nomor yang sama, akan berebut 1 topi rimba yang sesuai dengan
nomornya. Jika pemandu memberikan aba-aba dengan meneriakan salah satu
nomor,misalnya nomor 5. Maka peserta nomor 5 harus segera berebut topi rimba
nomor 5, begitu seterusnya sampai semua topi berhasil diperebutkan. Pemenangnya
adalah kelompok yang paling banyak merebut topi rimba. Perlengkapan yang
disiapkan : · 10 topi rimba untuk diperebutkan, atau anda dapat mengganti
dengan benda yang lain. · Kertas untuk dengan tulisan nomo1 sd 10, untuk nomor
dada.
Tujuan dari permainan
ini adalah :
·
Membuat perlombaan antar kelompok.
·
Masing – masing peserta harus berkonsentrasi terhadap
aba-aba pemandu.
·
Ketangkasan peserta dalam berlomba.
2.
TALI KUSUT.
Merupakan
jenis permainan kelompok yang terdiri dari 6 orang atau lebih, instruktur
menyiapkan tali rafia sepanjang 1 meter, dengan jumlah sama dengan pemain saat
itu. Kemudian ujung-ujung tali dipertemukan jadi satu dalam pegangan tangan
instruktur. Dimulai dengan aba-aba, setiap pemain diwajibkan menarik 1 ujung
tali di tangan kanan dan 1 ujung tali di tangan kiri. Penarikan ujung tali
dilakukan serentak. Setelah kita perhatikan, kemungkinan besar pemain tidak
dapat menarik ujung tali yang sama, namun menarik ujung tali yang ditarik oleh
para pemain lainnya. Dan terbentuklah formasi hubungan tali yang kusut.
Tantangannya, satu kelompok tersebut harus merapikan hubungan tali kusut tadi
menjadi sebuah formasi lingkaran yang rapi, tentunya dengan dihitung waktu
penyelesaiannya.
Peralatan
yang disiapkan :
·
tali raffia
3.
PINDAH KALUNG TALI.
Merupakan
jenis permainan kompetisi antar kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 5 sampai
10 orang peserta. Cara bermain adalah, masing-masing kelompok membuat satu
garis barisan dengan berdiri. Kemudian berusaha memindah kalung tali dari
peserta paling kanan ke kiri barisan. Dalam memindahkan kalung tali tidak boleh
menggunakan tangan. Pemenangnya adalah kelompok yang tercepat memindah kalung
tali tersebut.
Perlengkapan
yang disiapkan :
·
Tali tampar untuk kalung sesuai jumlah kelompok.
Tujuan
dari permainan ini adalah :
·
Membangun kerjasama tim.
·
Menguji ketangkasan setiap peserta dalam permainan ini.
.
4.
BERLINDUNG DALAM LINGKARAN.
Buatlah sebuah garis lingkaran pada tanah tempat bermain,
perkirakan semua peserta dapat berdiri di dalam lingkaran itu. Aturlah agar
peserta yang sedang berada dalam lingkaran dapat dijangkau oleh tangan salah
satu peserta yang berada diluar garis lingkaran. Permainannya adalah satu
peserta yang berada di luar lingkaran berusaha memegang peserta yang ada di
dalam lingkaran, namun peserta yang berada dalam lingkaran berusaha menghindar
dan tidak boleh keluar dari garis lingkaran. Begitu juga peserta yang berada di
luar lingkaran tidak boleh masuk ke dalam lingkaran. Jika ada peserta yang
berada di dalam lingkaran terpegang tangan oleh peserta di luar lingkaran, maka
peserta tersebut harus mengganti posisi sebagai peserta yang berada diluar
lingkaran. Perlengkapan yang disiapkan adalah : Tali rafia dan pasak untuk
membuat marka lingkaran pada tanah.
Tujuan
dari permainan ini
·
Merupakan permainan yang dapat diikuti oleh semua peserta
dan hanya permainan ketangkasan untuk menghindar pegangan peserta yang ada di luar
lingkaran.
5.
TITANIC
Semua anggota tim diminta untuk
berdiri di atas kain, seakan akan mereka berada dia atas sebuah kapal yang akan
tenggelam. Tidak ada bagian dari kaki berdiri diluar kain. Setelah mereka
berhasil berdiri, maka instruktur outbound menghitung satu sampai lima
hitungan. Apabila berhasil, kain dilipat menjadi lebih kecil. Kemudian
dilakukan kembali proses seperti semula. Kelompok yang mampu berdiri di atas
kain yang terkecil adalah pemenangnya. Teaching point :
·
Membangun kebersamaan.
·
Menunjukkan untuk kesuksesan tim, diperlukan pengorbanan
·
Perlunya anggota tim untuk menyatu dengan kelompok.
·
Pengaturan strategi dalam pemecahan masalah.
·
Berfikir kreatif.
6.
MENCARI HARTA KARUN.
Game
ini termasuk dalam kategori Middle Game.
Peralatan
yang dibutuhkan :
·
Bambu ukuran 1,8 m, 4 buah.
·
Tali atau webbing.
·
buah jeruk, buah salak, buah lainnya.
·
penutup mata/slayer.
Cara
permainan :
·
Buah diikat pada seutas tali kemudian digantung pada
ketinggian sekitar 3meter.
·
Peserta outbound dibagi dalam beberapa kelompok.
·
Masing-masing kelompok diberikan 4 buah bambu dan 2 buah
tali.
·
Seluruh anggota kelompok diminta untuk membuat tandu dengan
kreasinya sendiri-sendiri. Setelah tandu selesai, instruktur menyuruh peserta
outbound berkumpul dan menjelaskan bahwa tandu yang mereka buat belum tentu
mereka yang memakainya.
·
Kemudian instruktur outbound mengundi tandu untuk menentukan
siapa memakai tandu siapa. Setelah masing-masing kelompok mendapatkan tandu,
seluruh anggota kelompok memakai penutup mata/slayer, kecuali ketua
kelompoknya.
·
Kemudian ketua kelompok naik ke atas tandu dan diangkat oleh
seluruh anggota kelompok yang memakai penutup mata.
·
Ketua kelompok memerintahkan anak buahnya untuk menuju
lokasi harta karun (buah) yang sudah ditentukan oleh instruktur outbound.
Kelompok yang berhasil mendapatkan buah(harta karun) paling dulu adalah
pemenangnya.
Teaching
point :
·
Melatih kekompakan group.
·
Mengetahui kekurangan dan kelebihan teman kita.
·
Cepat bertindak dan mengambil keputusan.
·
Mengetahui strategi yang baik dalam suatu permasalahan.
·
Berfikir kreatif dan inovatif.
·
Siap memimpin dan siap dipimpin.
·
Mengetahui bahwa kita mempunyai keterbatasan.
7.
KERETA TERPANJANG.
Tujuan permainan/games :
·
Kerjasama antar anggota dan team.
·
Mengatur strategi dan kreativitas.
·
Menempatkan diri sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.
Aturan
permainan/games outbound :
·
Peserta tiap-tiap kelompok outbound terdiri dari 8-10 orang.
·
Seluruh peserta sebaiknya menggunakan celana panjang.
·
Gunakan lokasi/tempat yang tidak becek.
·
Dilakukan serentak dan terdiri dari beberapa regu.
·
Tiap regu memiliki jumlah yang sama.
·
Tiap regu berusaha keras membuat timnya menjadi regu dengan
deretan paling panjang
·
Peserta boleh menggunakan apa saja yang saat itu dibawa
sebagai penyambung (dompet, kartu, tali sepatu, ikat pinggang, badan, dll)
·
Tidak diperkenankan melepas baju.
·
Regu pemenang adalah yang membuat deretan yang terpanjang.
8.
PIRING KESEIMBANGAN.
Tujuan
permainan ini adalah :
·
Melatih kecermatan dalam menggunakan strategi.
·
Melatih kesabaran.
·
Kerjasama kelompok.
Alat
yang harus disiapkan :
·
Piring Balon (ditiup sebelum permainan dimulai).
Cara
permainan/games :
·
Permainan ini dilakukan secara kelompok.
·
Peserta melakukan permainan ini secara estafet.
·
Jadi anggota kelompok harus berjajar dengan jarak 10-15 m.
·
Peserta pertama membawa balon dari garis start menuju ke
peserta kedua.
·
kemudian peserta kedua ke peserta ketiga.
·
Begitu seterusnya sampai finish.
Aturan :
·
Bola harus selalu berada di dalam piring selama peserta
berjalan.
·
Kelompok yang menang adalah kelompok yang sampai ke garis
finish.
9.
METEOR GARDEN.
Tujuan
permainan :
·
Meningkatkan kekompakan kelompok.
·
Kecermatan.
·
Kecepatan.
·
Bertindak cepat Bisa mengatur strategi.
Alat
yang digunakan :
·
Bola plastik sebanyak mungkin dengan berbagai ukuranTali/
rafiah untuk daerah pembatas bagi peserta.
·
Dua kantong plastik besar untuk tempat bola Penghalang
(kain).
Cara
permainan :
·
Permainan meteor garden dimainkan secara kelompok.
·
Jumlah anggota kelompok antara 10-15 orang.
·
Instruktur dan fasilitator melemparkan bola dari balik
penghalang, dan peserta harus dapat menangkap bola, tetapi harus tetap berada
di garis pembatas yang berbentuk persegi.
·
Lemparan bola dilakukan dengan cepat dan tidak beraturan,
agar peserta kesulitan menangkapnya Setelah bola ditangkap, langsung dimasukkan
kedalam kantong plastik yang telah disediakan.
Aturan
:
·
Peserta tidak boleh keluar dari garis pembatas selama
menangkap bola.
·
Bola yang tidak tertangkap tidak boleh diambil peserta.
·
Kelompok yang paling banyak menangkap bola adalah
pemenangnya.
10. MENGURAI BENANG KUSUT.
Tujuan
permainan :
·
Melatih kerjasama team.
·
Meningkatkan kekompakan team.
·
Mengatur strategi dalam menghadapi masalah.
Alat yang dibutuhkan :
·
Tidak ada.
Cara
permainan :
·
Permainan dilakukan berkelompok dengan jumlah anggota
kelompok 6-10 orang.
·
Instruktur memerintahkan masing-masing kelompok untuk untuk
membentuk lingkaran.
·
Kemudian semua peserta harus bergandengan tangan dengan cara
: tangan kanan kepada teman si A, tangan kiri kepada teman si B. Jadi kedua
tangan tidak boleh berpegangan kepada orang yang sama.
·
Tugas kelompok adalah harus mengurai tangan yang asalnya tak
beraturan (kusut) menjadi terurai, tanpa melepas tangan.Team yang tangannya
terlepas dinyatakan gagal (diskualifikasi).
·
Tim yang mampu mengurai paling cepat adalah pemenangnya.
11. MENARA MANUSIA.
Tujuan
permainan adalah :
·
Melatih kerjasama tim.
·
Melatih kekompakan tim.
·
Mengetahui kekurangan dan kelebihan teman.
·
Menumbuhkan sikap rela berkorban demi kesuksesan bersama.
·
Mengembangkan strategi untuk tercapainya tujuan.
Cara
permainan :
·
Peserta dibagi dalam beberapa kelompok.
·
Tugas kelompok adalah membuat menara manusia
setinggi-tingginya.
·
Peserta dibebaskan membuat strategi apapun untuk membuat
menara tersebut.
·
Peserta tidak diperkenankan menggunakan alat bantu apapun.
·
Waktu permainan dibatasi 10-20 menit.
·
Kelompok dengan menara tertinggi adalah pemenangnya.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Permainan Pramuka adalah kegiatan yang bertujuan untuk menyegarkan pikiran
para anggota pramuka yang dilakukan oleh secara kelompok. Anggota pramuka dapat
dibagi menurut jumlahnya dan diberi nama yang berbeda. Setelah dibagi, nanti
dicari juaranya melalui permainan pramuka tersebut.
B. Saran
Dari
hasil makalah kami yang singkat ini mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi kita
semua umumnya kami pribadi. Dan segala yang baik datangnya dari Allah, dan yang
buruk datangnya dari diri saya. Penyusun sadar
bahwa makalah kami ini jauh dari kata sempurna, masih banyak kesalahan dari
berbagai sisi, jadi kami harapkan saran dan kritik nya yang bersifat membangun.
DAFTAR PUSTAKA
-
mhttp://www.pramukaindonesia.com/2015/01/manfaat-mengikuti-kegiatan-kepramukaan.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar